Jumat, 20 November 2009

ILMU TAUHID

Ilmu Tuhid
Menurut istilah Ilmu Tauhid, iman kepada Allah berarti mempercayai bahwa Allah itu Tuhan Yang Maha Esa, yang menciptakan alam semesta dan segala isinya. Keyakinan tersebut diyakini oleh hati sanubari, diikrarkan oleh lisan dan dibuktikan dengan amal perbuatan.
Hukum beriman kepada Allah adalah fardu’ain, Orang yang mengaku islam tapi tidak percaya terhadap Allah dianggap murtad (keluar dari Islam). Allah memiliki sifat-sifat yang wajib dan mustahil. Selain itu Allah memiliki nama-nama yang baik (Asmaul Husna).
Untuk membuktikan kebenarab sifat-sifat Allah dan Asmaul Husna diperlukan dua macam dalil yaitu dalil naqli (alas an yang bersumber kepada Al-quran dan hadis ) dan dalil aqli (alasan yang bersumber kepada akal pikiran yang sehat). Adapun fungsi iaman kepada Allah swt adalah sebagai berikut:
• Menyadarkan manusia untik selalu ingat kepada Allah swt. Manusia yang senan tiasa ingat Allah tentu akan memperoleh bannyak hikmah.

• Mengembangkan kemampuan untuk melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Orang yang betul-betul beriman tentu akan memiliki jiwa ihsan (keyakinan seakan –akan berhadapan dengan Allah atau perbuatannya selalu dilihat oleh Allah). Orang yang selalu berjiwa ihsan tentuakan senan tiasa bertakwa dan insya Allah akan memperoleh surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar